Laman

13 Okt 2011

Lokasi Proyek REDD+ di propinsi Kalimantan Timur


Deforestasi, degradasi hutan dan konversi lahan gambut merupakan sumber utama emisi gas rumah kaca di Indonesia. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu pelopor dimasukkannya skema REDD+, yaitu mekanisme untuk memberikan kompensasi kepada negara berkembang yang melindungi hutannya.

Pemerintah Indonesia secara aktif mendorong negosiasi bilateral dan internasional dan bilateral tentang REDD+, yang menjadi bagian penting target penurunan emisi karbon Indonesia sebesar 26 persen dari tingkat business-as-usual dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan bantuan dari luar pada tahun 2020. 

REDD+ merupakan skema baru dan masih banyak yang perlu dipelajari sebelum dilakukan penerapan berskala luas, misalnya cara pengukuran karbon, pendanaan dan bagaimana melibatkan masyarakat setempat. Mengingat hal ini, Indonesia bekerja sama dengan berbagai mitra dan negara lain untuk melakukan proyek percontohan, atau demonstration activities, untuk REDD+. Saat ini ada sekitar 44 proyek percontohan REDD+ di Indonesia.

Peta sebaran proyek percontohan REDD+ ini dibuat pada tahun 2010 oleh Center for International Forestry Research (CIFOR) dan North Carolina State University, dengan kontribusi dari Stibniati Atmadja, Liwei Lin, Erin Myers Madeira, Daju Resosudarmo, Agus Salim, Ratih Septivita dan Erin Sills. Proyek-proyek di sini termasuk yang berupaya mengurangi emisi karbon dan/atau meningkatkan penyerapan karbon secara kuantitatif (terukur) di hutan atau lokasi-lokasi lain di Indoneisa.

Deskripsi dan informasi yang lebih jelas tentang status proyek, gambaran umum pelaksanaan, serta kesempatan dan tantangan yang dihadapi selama pelaksanaannya, serta beberapa tautan pendukung dapat diakses melalui peta ini. Keterangan-keterangan tersebut kami sediakan sebagai informasi semata, tanpa bermaksud memberikan rekomendasi atau jaminan akan kualitas proyek-proyek tersebut.





Proyek REDD+ di Indonesia propinsi Kalimantan Timur (Pembaruan data Oktober 2010)
Strategies: AF: Reforestation, AD: Avoided deforestation, Adg: Avoided degradation, RS: Restoration
Nama Proyek
Propinsi
Lembaga yang terlibat
Tujuan
Dokumen terkait
Deskripsi
Berau, Indonesia Climate Action Project; Kabupaten Berau Forest Carbon Program
East Kalimantan
TNC / ICRAF / Sekala / University Mulawarman / Winrock Int'l / University of Queensland
AD, Adg, RS, AF

Global Green in East Kalimantan
East Kalimantan
Global Green
AD, Adg, RS

Hutan Lestari untuk Orangutan
East Kalimantan
PT. RHOI (Restorasi Habitat Orangutan Indonesia) formed by BOS
AD, Adg

Kutai Barat, HKM: Heart of Borneo
East Kalimantan
WWF
AD

Malinau Avoided Deforestation Project
East Kalimantan
GER / PT Inhuntani II / Malinau Regency / KfW / FFI / District Governemnt / GTZ / Tropenbos International / Global Eco Rescue / Borneo Tropical Rainforest Foundation
Adg

FORCLIME - Malinau Demonstration Activity
East Kalimantan
KfW, GTZ, MoF, GFA, district government, provincial government
AD, Adg, REDD+

FORCLIME - Berau Demonstration Activity
East Kalimantan
KfW, GTZ, MoF, GFA, district government, provincial government
AD, Adg, REDD+






Tidak ada komentar:

Posting Komentar