Laman

7 Apr 2011

Program Kerja KKP-KASRI

Ditengah-tengah hingar bingar pengerukan bumi Kalimantan Timur ini, masyarakat Dayak yang berdiam di pedalaman-pedalaman kalimantan hanya bisa menjadi penonton yang pada akhirnya hanya akan mendapatkan dampak negatif dari kegiatan ekploitatif ini. Sekalipun bumi yang secara turun temurun telah di diaminya ini adalah bumi yang kaya tetapi mereka masih masuk dalam kategori penduduk miskin dan masyarakat terpencil.

Konspirasi kekuasaan antara penguasa dan investor yang didukung oleh pemberlakuan kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat, memarginalisasi masyarakat kaltim dan khususnya pada masyarakat adat dayak yang sehingga terjadi penegasian hak-hak kepemilikan dan runtuhnya kearifan budaya lokal.

Keprihatinan akan kondisi tersebut membuat gereja katolik di wilayah Keuskupan Agung Samarinda, Kalimantan Timur tergerak untuk melakukan pelayanan pastoral yang bertumpu pada penghormatan martabat manusia dan pemulihan ekologis  berbasis nilai-nilai kearifan budaya lokal dengan melibatkan kerjasama antar komisi serta pihak lain seperti kaum profesional dan LSM yang mempunyai arah keprihatinan yang sama. Keprihatinan KKP-KASRI disusun dalam program kerja sebagai berikut :

PROGRAM KERJA KKP-KASRI 2011

I.             ANIMASI DAN MOTIVASI SPIRITUAL  
Mengadakan Pelatihan Dasar mengenai Keadilan dan Perdamaian yang seturut pemahaman ajaran kristiani guna memperdalam pemahaman umat  mengenai Keadilan dan Perdamaian, berperilaku adil, menegakan keadilan dan mengembangkan keadilan dan perdamaian. Dari pelatihan ini juga diharapkan lahir agen-agen yang dapat mempromosikan mengenai keadilan dan perdamaian ditengah umat.

II.           ADVOKASI DAN PEMBERDAYAAN UMAT
  
       A.    Pendampingan Hukum melalui LBH Hati Kudus


         B.    Pemberdayaan hukum dan Nilai-nilai keadilan
 
1. Sosialisasi mengenai tracfiking dan keadilan gender


2. Seminar dan Lokakarya Ekologi


III.          PENGEMBANGAN JARINGAN DAN KELEMBAGAAN  

        A. Jaringan Masyarakat JURDIL
         B. Pelatihan Capacity Building

        C. Pengembangan Kesekretariatan 


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar